Engine Control

Assalamualaikum.wr.wwb

Selamat Pagi, Siang, Sore, dan Malam. Salam Dirgantara !!

Kali ini saya akan jelaskan tentang "Engine Control" pada pesawat terbang..
 silahkan dibaca artikel dibawah ini check this out !!

SELAMAT MEMBACA!!

Kontrol mesin pesawat menyediakan sarana untuk pilot untuk mengendalikan dan memantau operasi mesin pesawat. Artikel ini menjelaskan kontrol digunakan dengan dasar mesin pembakaran internal mengemudi baling-baling. Beberapa konfigurasi opsional atau lebih maju dijelaskan pada akhir artikel. Jet turbin mesin menggunakan prinsip-prinsip operasi yang berbeda dan memiliki set mereka sendiri kontrol dan sensor.

Tujuan dari setiap sistem kontrol mesin adalah untuk memungkinkan mesin mendapat di efisiensi maksimum untuk kondisi tertentu. Awalnya, sistem kontrol mesin terdiri dari hubungan mekanis sederhana terhubung secara fisik ke mesin. Dengan memindahkan tuas ini pilot bisa mengendalikan aliran bahan bakar, daya output, dan banyak parameter mesin lainnya.
Dalam penerbangan, perubahan kecil dalam operasi terus-menerus dilakukan untuk mempertahankan efisiensi. Dorong maksimum yang tersedia untuk situasi darurat jika throttle maju ke penuh, tetapi keterbatasan tidak dapat dilampaui; awak pesawat tidak memiliki sarana secara manual override FADEC.

Full authority digital engine (or electronics) control (FADEC)

 adalah adalah sebuah sistem yang terdiri dari komputer digital, disebut pengontrol mesin elektronik / electronic engine controller (EEC) atau unit kontrol mesin / engine control unit (ECU), dan instrumen terkait yang mengontrol semua aspek kinerja mesin pesawat. FADEC telah diproduksi untuk mesin piston dan mesin jet.
EEC-Piston-Eng.jpgFADEC (Full Authority Digital Engine Control) adalah juga sebuah system yang mengontrol secara menyeluruh operasional engine dalam merespon perintah (command inputs) dari pesawat (cockpit). Dan juga memberikan informasi ke pesawat ( flight deck indication) termasuk informasi kondisi engine.





Keuntungan

  • Lebih baik efisiensi bahan bakar
  • Perlindungan mesin otomatis terhadap operasi out-of-tolerance
  • Lebih aman sebagai beberapa saluran FADEC komputer menyediakan redundansi dalam hal kegagalan
  • Perawatan engine handling gratis, dengan jaminan pengaturan thrust
  • Kemampuan untuk menggunakan jenis mesin tunggal untuk kebutuhan thrust besar dengan hanya memprogram ulang FADECs
  • Menyediakan starting mesin semi-otomatis
  • Integrasi sistem yang lebih baik dengan mesin dan pesawat sistem
  • Dapat memberikan jangka panjang keawetan mesin dan diagnostik
  • Jumlah parameter eksternal dan internal yang digunakan dalam proses kontrol meningkatkan oleh salah satu urutan besarnya
  • Mengurangi jumlah parameter yang akan dipantau oleh awak penerbangan
  • Karena tingginya pantauan jumlah parameter, FADEC memungkinkan "Fault Tolerant Systems"
  • Menghemat berat

Kekurangan

  • Full authority digital engine controls tidak memiliki bentuk override manual yang tersedia, menempatkan otoritas penuh atas parameter operasi dari mesin di tangan komputer.
    1. Jika gagal total FADEC terjadi, mesin gagal.
    2. Setelah FADEC gagal total, pilot tidak memiliki kontrol manual untuk mesin restart, throttle, atau fungsi lainnya.
    3. Titik risiko kegagalan dapat dikurangi dengan melebihkan FADECs (dengan asumsi bahwa kegagalan adalah kegagalan hardware acak dan bukan hasil dari desain atau manufaktur kesalahan, yang dapat menyebabkan kegagalan identik dalam semua komponen berlebihan identik).

  • Kompleksitas sistem yang tinggi dibandingkan dengan hydromechanical, analog atau sistem kontrol manual
  • Pengembangan sistem yang tinggi dan usaha validasi karena kompleksitas
  • Sedangkan dalam krisis (misalnya, kontak medan dekat), a-FADEC non mesin dapat menghasilkan secara signifikan lebih dari dorong dinilai, mesin FADEC akan selalu beroperasi dalam batas-batasnya.

Full Authority Digital Engine Control (FADEC) adalah suatu sistem yang terdiri dari komputer digital, disebut Electronic Engine Controller (EEC) atau Engine Control Unit (ECU), dan aksesori yang terkait yang mengontrol semua aspek kinerja mesin pesawat. FADECs telah diproduksi untuk mesin piston dan mesin jet .

Sekian dari artikel semoga bermanfaat untuk kalian semuaaa.. mohon dimaafkan apabila ada kesalahan dalam artikel ini

wassalamualaikum.wr.wwb 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APU (Auxiliary Power Unit)

ENGINE FUEL SYSTEM

AIRCRAFT ENGINE OPERATION