APU (Auxiliary Power Unit)

Assalamualaikum.wr.wwb

Selamat Pagi, Siang, Sore, dan Malam. Salam Dirgantara !!

yaaa akhirnya saya ngebuat artikel tentang penerbangan lagi untuk andaa.. saya akan jelaskan kepada anda semua tentang APU (Auxiliary Power Unit).
apasih itu APU ? apa fungsinya sih APU ? kapan sih digunakan APU ? udah udahh gausah banyak nanya kayak lagi kesesat di jalan aja*krikkrik*. ingatt semakin anda mengetahui ilmu-ilmu tentang penerbangan semakin anda jatuh cinta pada dunia penerbangan (masa sih?)
okee ga ada lagi basa-basi langsung aja yukk dibaca artikel dibawah ini check this out!!


SELAMAT MEMBACA !




https://c1.staticflickr.com/3/2743/4484023192_445021642b_b.jpg
Airbus 330 APU




https://homepage.boku.ac.at/shuss/eddf/P1010163.jpgKalau anda perhatikan beberapa pesawat besar, anda akan menemukan diujung ekor pesawat ada sebuah lubang seperti knalpot kendaraan bermotor yang kadang terlihat mengeluarkan sedikit asap atau mengeluarkan udara panas yang terlihat dari pantulan cahaya yang melewati udara panas tersebut. Lubang tersebut adalah buangan gas dari APU. APU ini sebenarnya adalah sebuah mesin turbin yang lebih kecil dari mesin pesawat yang digunakannya.

APA ITU APU ?

APU adalah Turbine Engine juga, lebih tepat disebut Turboshaft Engine. Tidak seperti mesin utama pesawat, APU exhaust hampir tidak menghasilkan thrust. Sebagian besar menghasilkan listrik digunakan untuk menjalankan generator listrik dan menyediakan tekanan udara (pneumatic)


 APA FUNGSINYA APU ?
http://www.rockwellcollins.com/~/media/Images/eNews/intertrade/2013-07/A330-APU.jpg
APU Pada Airbus 330
Fungsi utama dari APU pesawat adalah untuk memberikan power untuk starting engines utama pesawat. Mesin turbin harus dipercepat untuk kecepatan rotasi tinggi untuk memberikan kompresi udara yang cukup pada saat engine beroperasi. Jet engine yang lebih kecil biasanya distarting oleh sebuah motor listrik, sedangkan engine yang lebih besar biasanya distarting oleh motor turbin udara. Sebelum engine bergerak, APU pada umumnya distarting oleh baterai atau akumulator hidrolik. Setelah APU bergerak, APU memberikan daya (listrik, pneumatik, atau hidrolik, tergantung pada desain) untuk memulai engine utama pesawat

APU juga digunakan untuk menjalankan aksesori pesawat lainnya pada saat engine mati.  Hal ini memungkinkan kabin menjadi nyaman saat penumpang naik pesawat sebelum engine dinyalakan. Listrik digunakan untuk menjalankan sistem saat preflight check. Beberapa APU juga dikoneksikan ke pompa hidrolik, memungkinkan kru mengoperasikan peralatan hidrolik (seperti Flight control atau flaps) sebelum engine dinyalakan. Fungsi ini dapat juga digunakan, pada beberapa pesawat, sebagai cadangan pada saat terbang atau sistem hidrolik rusak.

KAPAN SIH DIGUNAKAN APU ?

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHAMlshDsjIIxbt6rfL7xTWdWRtJ8GpBt4XbPgVpumDyG_8S-tqOjhVwo0tUwMDs1Amjp2QWpi-do1ZOJL7BvB7Rdb_AwCJfVcoyqJ2pdrD-hleJkhBeILa95dVCxqIm6llnJiFIn0Z-c/s1600/youtu.be-XeF9J2fT09w.jpgAPU dipakai saat keadaan mesin mati. normalnya APU dinyalakan pada saat pesawat disiapkan untuk terbang oleh teknisi ataupun penerbangan nya. APU akan dimatikan pada waktu mesin pesawat sudah menyala. APU akan dinyalakan kembali setelah pesawat mendarat dan sebelum mesin dimatikan agar kelistrikan dan AC pack di pesawat tetap digunakan. Untuk turn around atau transit, APU biasanya dibiarkan menyalakan kecuali di bandar udara yang mengharuskan pemakaian external power dan external AC di tempat parkir pesawat. Pada waktu pesawat terbang APU juga bisa dinyalakan untuk menggantikan generator yang rusak. pesawat komersial bermesin ganda biasanya memiliki satu generator dan satu bleed air/AC pack di masing-masing mesinya. jika salah satu generator tidak berfungsi maka APU generator bisa dipakai sebagai gantinya. APU juga bisa dipakai sebagai sumber pneumatik (bleed air) untuk AC pack yang mengatur tekanan udara dan suhu di kabin jika bleed air dari mesin pesawat tidak berfungsi.

BAGIAN - BAGIAN APU

Power Section

Power section merupakan bagian generator gas engine dan menghasilkan semua power shaft APU.

Load Compressor Section

Load compressor pada umumnya berupa shaft-mounted compressor yang menghasilkan tenaga pneumatic pesawat, sedangkan beberapa beberapa extract bleed air APU dihasilkan melalui compressor power section. Ada dua alat penggerak, yaitu Inlet guide vanes yang mengatur aliran udara yang mengalir ke load compressor dan surge control valve yang menstabilkan operasi mesin turbo.

Gearbox section

Gearbox mentransfer tenaga dari shaft utama engine ke generator oil-cooled untuk tenaga listrik. Melalui Gearbox, power juga ditransfer ke aksesoris engine seperti fuel control unit, modul pelumasan, dan fan pendingin. Selain itu, ada juga starter motor yang terhubung melalui gear train untuk melakukan fungsi awal dari APU.Beberapa desain APU menggunakan kombinasi starter/generator untuk menyalakan APU dan pembangkit tenaga listrik untuk mengurangi kompleksitas.

Pada pesawat Boeing 787 yang membutuhkan suplai listrik yang besar, APU hanya berfungsi memberikan listrik ke pesawat. Tidak adanya sistem pneumatik menyederhanakan desain, namun besarnya kebutuhan listrik memerlukan generator yang besar.


Intake APU pada A320
https://static1.squarespace.com/static/55122c0ee4b0767ae4f36b12/t/55452c40e4b0e11ffa89fdf3/1430596676199/APU
Intake APU pada A330
 Engine Turbin pesawat memiliki section Inlet, Compressor, Combustion, Turbine, dan Nozzle. So, Where does the APU gets air? Anda harus melihat nya dengan hatihati untuk menemukan inlet APU. Seperti gambar berikut:





Sekian dari Artikel tentang "APU" (auxiliary Power Unit) semoga kalian bisa mengerti tentang APU dari artikel iniii.. mohon dimaafkan apabila ada kesalahan dalam artikel ini terima kasih!!

Salam Dirgantara!

Wassalamualaikum.wr.wwb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENGINE FUEL SYSTEM

AIRCRAFT ENGINE OPERATION